Consumer
Buyer Behavior And Customer Satisfaction (prilaku dan kepuasan konsumen).
Prilaku konsumen adalah seorang yang menjadi pembeli akhir barang dan jasa
digunakan oleh individu atau kelompok.
Factor-faktor
yang mempengaruhi prilaku konsumen
Cultur (budaya)
|
sosial
|
personal
|
psycologi
|
|
·
Culture
·
Subculture
·
Social clas
|
·
Referens grup
·
Family
·
Roles &status
|
·
Age & life
·
Cycle stage
·
Occupation
·
Economic situation
·
Life stayl
·
Self-concept
|
· Motivasi
· Perception
· Learning
· Belief &attitudes
|
buyer
|
Culture adalah semua nilai yang dipelajari semenjak
lahir, tentang persepsi, keinginan dan kebiasaan yang telah diajarkan dari
keluarga dan institusi yang lain.
Subculture adalah sekelompok orang yang berada dalam satu budaya dengan system nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi.
Socialclas adalah kelompok yang mempunyai kesamaan dari nilai, interes dan kebiasaan yang dinilai dari keluarga dan institusi yang lain.
Referens gruph(gruph acuan) adalah gruph yang membentuk seseorang dari kebiasaan dan sikap.
Online social network adalah komunikasi secara online antara seseorang dengan yang lainnya bertujuan untuk bertukar informasi dan opini.
keluarga adalah factor penting dalam membentuk kebiasaan konsumen. Kelompok, keluarga, klub dan organisasi yang membedakan seseorang dengan orang lain.
Occupation (pekerjaan) akan mempengaruhi barang dan jasa yang kita konsumsi.
Lifestyle adalah gaya hidup seseorang berdasarkan pengalaman dan prisiograpisnya.
Pisiografis adalah atribut-atribut yang berhubungan dengan kepribadiaan, nilai, etika dan gaya hidup.
Personality dan self consepth adalah kerpibadian yang menunjukan kepada phisikologi, karakter unik yang menyebabkan respon yang konsisten dan abadi terhadap lingkungan konsumen.
Motiv adalah kebutuhan yang menekankan seseorang untuk memenuhi kepuasannya pencarian motivasi berguna sebagai representasi pada penelitian kualitatif yang dilarang untuk menyelidiki yang tersembunyi di bawah sadar konsumen.
Persepsi adalah proses bagaimana seseorang memilih, mengatur dan menginterpretasikan informasi untuk membentuk gambaran yang berarti mengenai dunia.
Belajar adalah proses perubahan kebiasaan seseorang berdasarkan pengalaman dan interaksi yang terjadi.
Belief(kepercayaan) adalah satu pemikiran yang mendeskripsikan seseorang mengenai suatu hal yang berdasar pada pengetahuan, opini, keimanan.
Attitudes (sikap) adalah sikap yang menggambarkan seseorang relative konsisten pada evaluasi, perasaan dan kecenderungan pada suatu objek dan ide.
Proses
Pengambilan Keputusan Konsumen
- 1. Need recognition adalah adanya kebutuhan terjadi ketika pembeli mengenali adanya masukan dan kebutuhan itu dipicu karna internal stimuli/ external stimuli.
- 2. Information search (pencarian informasi)
Si pembeli harus mencari informasi tentang barang atau jasa yang akan di
beli. Pencarian informasi itu bisa dari iklan, keluarga dan teman, media masa
dan berdasarkan pengalaman orang lain.
- 3. Mengevaluasi alternative adalah proses bagaimana konsumen mengumpulkan informasi dan memilih prodak yang akan digunakan.
- 4. Purchase desion adalah tindakan dari konsumen membeli barang yang sesuai dengan keinginan.
- 5. Post-purchase decision adalah memposting perasaan konsumen atas kepuasan atau ketidak puasan setelah membeli prodak tersebut. Semakin kecil perbedaan antara harapan dan perporma dari suatu barang yang kita beli itu adalah kepuasan.
Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal.
Semoga bermanfaat!!
Kalau ada
pertanyaan, atau
ada yang mau menambahkan tentang materi ini,
kritik
dan saran,
pesan-pesan.
silahkan
isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur
thank U
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.