Marketing information system (MIS) dalam bahasa Indonesia system informasi
pemasaran mempunyai fungsi inti, yaitu :
- 1. Mengevaluasi informasi yang dibutuhkan
- 2. Membangun informasi yang dibutuhkan
- 3. Membantu para manager membuat keputusan
Tujuan dari marketing information system (MIS) adalah
untuk memberikan informasi untuk perusahaan, partner perusahaan, manager
pemasaran, dan manager yang lainnya.
- 1. Internal data (internal data bases) adalah kumpulan informasi konsumen dan pasar yang bersifat elektronik, sebagai sumber untuk membangun jaringan
- 2. Marketing intelligence adalah kumpulan system dan analisis public yang berisi informasi tentang konsumen, pesaing dan pembangunan pangsa pasar
- 3. Marketing research is the systematic design, collection, analysis, and reporting of data relevant to a specific marketing situation facing an organization.
- Developing Marketing Information (mengembanhgkan informasi pemasaran) diperlukan beberapa data. Yaitu
- 1. Data skunder adalah mengambil data dari data-data ynag sudah ada sebelumnya
- 2. Data Primer adalah Data yang didapat sendiri melalui, kuisioner, wawancara, observasi dll
Market Research Research Approaches
- § Observation reaseach adalah pengamatan langsung dari kejahuan
- § Ethnographic reaseach adalah pengamatan dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan konsumen
- § Survey research adalah pengetahuan, etika, dan prilaku pembelian keuangan. Kelebihan survey research adalah fleksibel, data akurat, dan bersipat privacy
- § Experimental research is best for gathering causal information—cause-and-effect relationships; commonly used in sciences such as sociology and psychology, physics, chemistry, biology and medicine, etc.
- § Focus Groups is Six to 10 people with a trained moderator, Challenges, Expensive, Consumers not always open and honest
- § Online research mempunyai kelebihan yaitu, murah, cepat dan bisa dalam jarak yang jauh. kekeurangan dari online research adalah terbatas dan kurang meyakinkan
Sampling Plan adalah bagian kecil dari populasi yang dipilih
untuk penelitian. Contohnya Who is to be surveyed? How many people should be
surveyed? How should the people be chosen?
Analyzing and Using Marketing Information, Customer Relationship Management (CRM) consists of sophisticated software and analytical tools that integrate customer information from all sources, analyze it in depth, and apply the results to build stronger customer relationships
Distributing and Using Marketing Information, Information distribution involves entering information into databases and making it available in a time-usable manner
•
Intranet provides information to employees and other
stakeholders
•
Extranet provides information to key customers and
suppliers
Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal.
Semoga bermanfaat!!
Kalau
ada pertanyaan, atau
ada yang mau menambahkan tentang materi ini,
kritik dan saran,
pesan-pesan.
silahkan
isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur
thank U
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.