Jumat, November 25, 2011

Segmentation, Targeting and Positioning




Marketing strategi involvea adalah memilih pasar dan mengembangkan program permasaran, bertujuan untuk kepuasan konsumen dan tujuan perusahaan
Market segmentation adalah mengelompokan pembeli yang masih berupa prospek, dalam suatu kelompok yang mempunyai kasamaan karakter. Berdasarkan kesamaan produk dan memberikan respon ynag positif setelah dilakukan pemasaran
Manfaat membuat segmentasi pasar adalah
  • 1.      Mencari tau peluang untuk mengembangkan produk
  • 2.      Membantu membuat perencanaan pemasaran yang lebih efektiv terhadap pembeli yang bersifat homogeny
  • 3.      Meningkatkan alokasi sumberdaya marketing(pres marketing)
Fundamental-Buyer Related Questions
*      Who are they?
*      What do they want to buy?
*      How do they want to buy?
*      When do they want to buy?
*      Where do they want to buy?
*      Why do they want to buy?
Requirements for Effective Segmentation
  • ®    Measurable (dapat diukur) : size, kemampuan untuk membeli, usia pembeli.
  • ®    Accessible (terjangkau) : pasar itu harus bisa di jangkau oleh perusahan, contohnya apa produk itu akan dipasarkan di kota atau desa? Mana yang lebih bisa dijangkau? Hal itu perlu dipertimbangkan.
  • ®    Substantial ( dalam jumlah yang besar) : segmentasi pasar itu harus besar, produk kita harus bisa mempunyai segmen tasi yang besar, hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan.
  • ®    Actionable (action) : merancang produk atau pemasaran supaya lebih menarik.
Requirements for Effective Segmentation
      Geographic Segmentation adalah membuat segmentasi berdasarkan geografi. Seperti,   World Region or Country, Country Region, City,  Metro Size, Neighborhood, Density, Climate.
      Demographic Segmentation. Age, Gender, Family size, Family life cycle, Income, Ethnicity, Occupation, Education, Religion, Generation, Nationality
      Psychographic Segmentation. Dividing buyers into different groups based on social class, lifestyle, and personality characteristics
      Behavior Segmentation. Buyers are divided into groups based on their knowledge, attitude, and use or response to a product.  The best starting point for building market segments.
Types, Special occasion segmentation; holidays and special events,  Benefits sough, User status; potential, first-time, regular, Usage rate; light, medium, heavy, addicted, Loyalty status dan Buyer readiness stagen

Positioning adalah bagaimana produk dalam benak konsumen, dan yang membedakan produk kita dengan produk orang lain.
Unique selling proposition
  • ®    Menjual produk yang unik
  • ®    Pemberian jaminan kepada konsumen
  • ®    Member penambahan nilai, contohnya dengan pemberian bonus
  • ®    Menjelaskan produk anda dengan jelas.
Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal. Semoga bermanfaat!!
Kalau ada pertanyaan, atau
ada  yang mau menambahkan tentang materi ini,
 kritik dan saran,
pesan-pesan.

silahkan isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur thank U


0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice