Marketing strategi
involvea adalah
memilih pasar dan mengembangkan program permasaran, bertujuan untuk kepuasan
konsumen dan tujuan perusahaan
Market segmentation adalah mengelompokan pembeli yang
masih berupa prospek, dalam suatu kelompok yang mempunyai kasamaan karakter.
Berdasarkan kesamaan produk dan memberikan respon ynag positif setelah
dilakukan pemasaran
Manfaat membuat segmentasi
pasar adalah
- 1. Mencari tau peluang untuk mengembangkan produk
- 2. Membantu membuat perencanaan pemasaran yang lebih efektiv terhadap pembeli yang bersifat homogeny
Fundamental-Buyer
Related Questions
Who are they?
What do they want to buy?
How do they want to buy?
When do they want to buy?
Where do they want to buy?
Why do they want to buy?
Requirements for
Effective Segmentation
- ® Measurable (dapat diukur) : size, kemampuan untuk membeli, usia pembeli.
- ® Accessible (terjangkau) : pasar itu harus bisa di jangkau oleh perusahan, contohnya apa produk itu akan dipasarkan di kota atau desa? Mana yang lebih bisa dijangkau? Hal itu perlu dipertimbangkan.
- ® Substantial ( dalam jumlah yang besar) : segmentasi pasar itu harus besar, produk kita harus bisa mempunyai segmen tasi yang besar, hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan.
- ® Actionable (action) : merancang produk atau pemasaran supaya lebih menarik.
Requirements for
Effective Segmentation
•
Geographic Segmentation adalah membuat segmentasi berdasarkan
geografi. Seperti, World Region or
Country, Country Region, City, Metro Size, Neighborhood,
Density, Climate.
•
Demographic Segmentation. Age, Gender, Family size, Family
life cycle, Income, Ethnicity, Occupation, Education, Religion, Generation, Nationality
•
Psychographic Segmentation. Dividing buyers into different
groups based on social class, lifestyle, and personality
characteristics
•
Behavior Segmentation. Buyers are divided into groups based
on their knowledge, attitude, and use or response
to a product. The best starting point
for building market segments.
Types,
Special occasion segmentation; holidays and special events, Benefits sough, User status; potential,
first-time, regular, Usage rate; light, medium, heavy, addicted, Loyalty status
dan Buyer readiness stagen
Positioning adalah
bagaimana produk dalam benak konsumen, dan yang membedakan produk kita dengan
produk orang lain.
Unique selling proposition
- ® Menjual produk yang unik
- ® Pemberian jaminan kepada konsumen
- ® Member penambahan nilai, contohnya dengan pemberian bonus
- ® Menjelaskan produk anda dengan jelas.
Segitu dulu
aj ia postingan dari si chikal. Semoga bermanfaat!!
Kalau ada
pertanyaan, atau
ada yang mau menambahkan tentang materi ini,
kritik dan saran,
pesan-pesan.
silahkan isi
KOMENGNYA di bawah ia..
hatur thank U
0 komentar:
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.