Senin, Oktober 24, 2011

Bebas karna memaafkan



BEBAS karna memaafkan, berarti ada sesuatu  yang MEMENJARA kita, berarti ada yang sendang menjadikan kita SANDRA yaitu KEMARAHAN. Hampir tidak ada orang yang tidak marah dalam sehari, ada orang yang marah selama 14 tahun, ada orang yang marah seusia pernikahannya, dan ada orang yang sedang memanjakan rasa marah yang memenjaranya.
Kenapa begitu? Karna marah itu nikmat, marah itu memberikan tenaga. Buktinya orang-orang yang marah tidak bisa tidur, tidak bisa mengantuk. Berarti ada banyak orang yang menikmati kekuatan rasa marah untuk melemahkan dirinya, bukan untuk menjadikan dirinya lebih hebat.

Sekrang, kita bicara tentang marahlah tetapi tidak menggunakan kemarahan untuk merendahkan diri dan melukai hubungan baik dengan orang lain. Caranya dengan MEMAAFKAN. Karna, dengan MEMAAFKAN menjadikan kita pribadi yang betul betul bebas.


Bagaimana secra logika jika kita MEMAAFKAN. Maka, kita mendapatkan kekuatan?

Oke, sekarang si chikal akan bercerita tentang proses bagaimana seseorang membuat kita marah. misalnya. Manusia adalah makhluk yang sempurna di banding makhluk lain. Kita di berikan pikiran untuk berpikir dan perasaan untuk merasakan yang ada di sekitar kita. Perasaan kita adalah sesuatu yang abstrak dan tak menentu, kadang-kadang bahagia, dan kadang-kadang sedih. bisa saja sekarang sedih, detik berikutnya senang. Atau sekarang senang detik berikutnya sedih. begitulah manusia.

Nah,  ketika ada orang lain yang membuat kesalahan, melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, sampai membentak kita. Maka, hati kita sakit. Kemudian, kita marah balik kepada orang yang telah menyakiti kita. Nah, waktu kita marah, kita mengatakan macam-macam, bahkan sampai menyumpahi orang itu.


Kemudian, apakah  orang yang menyakiti kita itu, tahu kalau kita sedang marah sama dia? Kita sumpahi?  Tidak. Apa dia sedang enak makan? Tidur nyenyak?, iya. Kemudian,  kita yang sedang marah bisa makan enak? bisa tidur? Tidak.  Nah kemudian, kita belajar bersabar. Dengan mengatakan biarlah Tuhan yang membalas”.”semoga dia mendapatkan apa yang setimpal dengan kesakitanku”. Loh. Kok jadi minta Tuhan untuk membalas kesakitan kita?


banyak orang yang tidak bebas hidupnya karna sedang marah. padahal, orang belum tentu 100%salah, Sama seperti kita belum tentu 100% benar. Jadi kalo begitu bagaimana kalo kita memaafkannya.  logika dari memaafkan adalah kita lupakan sakitnya dan ingat pelajarannya, jangan begitu lagi.


Lihat apa yang menjadikan kita bisa memaafkan dari cerita tadi? Pengertian. Orang yang mengerti mudah memaafkan.  Jadi orang yang masih marah menolak mengerti. Berarti orang yang ikhlas melihat bahwa orang tidak mungkin 100% salah. Seperti saya tidak mungkin 100% benar.  Hal tersebut akan membuat kita Mudah untuk memaafkan.


Apa kerugian bagi orang yang sulit memaafkan?

Hati itu bisa dilihat sebagai pelabuhan. Nah, pelabuhannya kadang-kadang diisi oleh kapal-kapal yang marah, menjadikan pelabuhan itu  panas sekali. karna semua kapal-kapalnyaterbakar oleh kemarahan. So, pelabuhan  yang diisi oleh kapal-kapal yang terbakar, tidak mungkin damai. Hati adalah pelabuhan bagi perasaan maka janganlah gunakan hati anda sebagai pelabuhan dari kemarahan.

Paling indah itu, putuskakn hati anda untuk diisi dengan kasih sayang dan cinta. Satu detik kita marah maka, satu detik untuk berkasih sayang hilang. Waktu satu detik kita marah itu, hanya menyenangkan hati kita yang menikmati rasa marah. tetapi saat satu detik kita bahagia  dan memberi  kasih sayang, ada istri yang senang, ada anak dan murid yang senang, ada bawahan yang senang, ada atasan yang senang.


Coba siapa yang anda untungkan dengan kemarahan anda? Tapi berapa banyak yang anda untungkan jika anda menjadi pribadi yang penyang, yang mengasihi.  Mungkin tidak, ada senyum ramah dalam kemarahan? Tidak. Coba bagaimana senyum orang marah? kecut. Berarti hati ini demikian sambungnya kewajah sehingga orang yang mau wajahnya baik. harus membaikan hatinya. Jangan gunakan hati sebagai pelabuhan dari kemarahan.

Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal. Semoga bermanfaat!!

Kalau ada pertanyaan, atau

ada  yang mau menambahkan tentang materi ini,

 kritik dan saran,

pesan-pesan.



silahkan isi KOMENGNYA di bawah ia..

hatur thank U




0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice