Jumat, November 25, 2011

Perbedaan Budaya Dalam Bisnis Internasional



Budaya adalah jumlah total dari seluruh aturan, teknik, institusi dan artifak (peninggalan sejarah) yang merupakan ciri dari suatu populasi. Antropolog setuju bahwa budaya itu dipelajari, bukan terlahir. Segala aspek dari budaya itu saling berhubungan, misalnya kita diajarkan oleh orang tua untuk mencium tangan secara moral itu untuk menggargai yang lebih tua, secara pisikologis hal itu membuat kita lebih respect pada sesama. Budaya itu bersipat umum.
Budaya itu bukan tentang benar atau salah sebab budaya itu relative, budaya juga bukan sikap atau tindakan individu sebab budaya itu menyangkut grup bukan perorangan.


Budaya Asing
Enosentis (pusat etnik) adalah berkeyakinan bahwa budayanya sendiri yang lebih unggul disbanding dengan yang lain.
Dua Cara pembisnis internasional memahami kebudayaan yang berbeda. Pertama, sadar bahwa banyak budaya yang berbeda dengan budaya kita. Kedua, mempelajari karakterristik budaya tersebut, agar beradaptasi dengan budaya tersebut.
Memahami bahasa adalah kunci dari budaya. Semakin kita kuasai bahasa tersebut maka kita akan semakin dapat memahami perasaan dan sikap orang itu.

Pengaruh Budaya terhadap fungsi-fungsi bisnis
  • 1.  Pemasaran
P&G (produsen sabun) membuat iklan sabun Camay di Jepang yang menggambarkan seorang wanita membandingkan kulitnya dengan boneka berkulit putih bak pualam kepada seorang pria. Di Jepang, prilaku wanita di iklan ini dianggap kasar.
  • 2.  Sumber Daya Manusia
Di Inggris, seorang manajer asal Amerika protes karena kenaikan jabatan seseorang tergantung dari latar belakang sekolah dan keluarganya, bukan keberhasilannya.
  • 3.  Produksi
Budaya Latin America menganggap seorang manajer itu sebagai seorang yang selalu dapat mengambil keputusan untuk kesejahteraan pegawainya. Hal ini sangat berbeda dengan budaya kerja AS yang selalu ingin masukkan dari pegawainya.

Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal. Semoga bermanfaat!!
Kalau ada pertanyaan, atau
ada  yang mau menambahkan tentang materi ini,
 kritik dan saran,
pesan-pesan.

silahkan isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur thank U


0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice