Jumat, September 02, 2011

Definisi EKonomi Isam



Kali ini si chikal bakal ngebahas definisi ekonomi islam. sekarang kita bahas dulu arti kata ekonomi itu sendiri. ekonomi berasal dari kata yunani yaitu ecos (aturan) dan nomos(Rumah). Secara bahasa economi adalah ilmu yang mempelajari aturan-aturan rumah tanga.  Secara Istilah economi adalah ilmu yang mempelajari prilaku setiap individu (Produsen, konsumen) dalam mengolah sumberdaya alam agar tidak terjadi kelangkaan.

Sekarang apa sih ekonomi islam itu. Aslam hanef mendefinisikan ekonomi islam itu adalah "an approach to interpereting and salving man’s economic problem based on the values, norms, laws and institutions found in and derived from the source of knowlage in islam". artinya "suatu pendekatan untuk menginpertasikan dan memecahkan masalah yang berdasarkan nilai-nilai, norma-norma, hokum dan institusi dari pengetahuan islam". 

Yuks kita tengok prinsif dari ke duanya. ekonomi konvensional berprinsif value free (bebas dari nilai2), based on reason olah karna itu methodology berasal dari observasi, experiment, experiment, dan instuisi (hati).
         
Islamic economics, based on islam values, saurce of knowlage in islam. Based on : revelation (wahyu) is primary sources  al-quran and as-sunnnah dan reason (akal) is secondary sources ex ijma, qiyas, maslahat mursaha.

Ekonomi Islam berprinsip sesuai nilai-nilai islam. metodologi dalam memecahkan masalah yang pertama berasal dari wahyu (Al-Quran dan As-sunnah), dan yang kedua berdasarkan ijtihad seperti melakukan ijma, qiyas(analogi) dan maslahat mursaha.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice