Oke kali ini si chikal mau share
dengan kalian tentang materi marketing. hal ini sangat penting. Soalnya kata
dosen-dosen kalau mau karirnya cepat naik di perusahaan harus masuk ke
marketingnya. Kenapa? Karna melalaui marketing kita akan banyak mendapatkan
kolega. Tanpa marketing yang baik perusahaan tidak akan bisa memasarkan
produknya. Yuks langsung aja ke materinya!!
Apa
itu marketing?
Marketing adalah proses
perusahaan untuk menciptakan nilai kepada konsumen dan membangun hubungan yang
baik (kuat) dengan konsumen yang bertujuan untuk menciptakan nilai pengembalian
kepada perusahaan
Bagaimana
memahami pasar dan mengetahui yang dibutuhkan konsumen?
1. Bedakan prodak kita berdasarkan Needs (kebutuhan), Wants
(keinginan), dan Demend ( yang diminta)
·
Needs (kebutuhan)
adalah sesuatu yang harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi
kehidupan kita (kekurangan)
·
Wants (permintaan)
adalah sesuatu yang kita inginkan yang
bisa dipenuhi apabila kita mempunyai kemampuan untuk membelinya
·
Demands (yang
diminta) adalah apa yang kita inginkan dan didukung oleh kemampuan daya beli)
2. Bedakan Market Offering dan Market Myopia
·
Market Offering adalah
pasar yang mengkombinasikan produk, servis, informasi dan pengalaman yang
ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
·
Market Myopia adalah
pasar yang berfokus kepada sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan
Bagaimana
merancang strategi pemasaran untuk mengendalikan konsumen?
1. Pilih konsumen yang akan kita layani
·
Tentukan segmentasi pasar
adalah mengelompokan konsumen berdasarkan kelompok tertentu ex: jenis
kelamin(laki-laki/perempuan), usia (tua/ muda/anak-anak)dll
·
Tentukan target pasar
adalah menentukan siapa saja yang akan membeli prodak kita.
2. Value proposition
·
Kelompokan kelebihan prodak
kita atau nilai-nilai perusahaan dan berjangjilah untuk memberikan apa yang dibutuhkan konsumen
3. Buat program perencanaan
dan pemasaran
·
Marketing mix adalah
kumpulan formula (4p 1s). konsep ini hampir diterapkan di berbagai perusahaan.
Strategi ini meliputi produksi, price, promotion, dan place.
4. Membangun hubungan dengan konsumen
·
Costumer relationship
managemen (CRM) adalah fasilitas perusahaan untuk konsumen, supaya tercipta
hubungan yang baik dengan begitu konsumen puas dengan peyanan kita dan akan
kembali membeli prodak kita.
5. Membuat pelanggan setia
·
Pelanggan yang setia adalah
konsumen yang selalau membeli prodak dari kita selama hidupnya. Perusahaan
harus bisa menciptakan pelanggan yang setia.
Apa orientasi manager pemasaran?
·
Konsep produk adalah sebuah
ide bagaimana konsumen membeli produk kita. Bagaimana para maneger menetapkan
harga supaya tetap sesuai dengan daya beli konsumen
·
Konsep produksi adalah ide
dimana manager harus memberikan prodak yang berkualitas. Karna, para konsumen
akan lebih memilih prodak yang berkinerja baik dan fitur bagus. Oleh karna itu,
perusahaan harus mengerahkan kemampuananya untuk membuata prodak yang bagus.
·
Konsep penjualan adalah ide
dimana para manager harus bisa menarik konsumen agar memebeli lebih banyak
prodak yang kita pasarkan
·
Konsep pemasaran adalah ide
bagaimana para manager bisa mencapai tujuan dari perusahaan dan mengetahui apa
yang dibutuhkan dan diinginkan dari target pasar kita dan memberikan kepuasan
bagi mereka.
·
Sosiental marketing adalah
ide dimana perusahaan harus membuat keputusan yang menguntungkan bagi semua
pihak yaitu perusahaan, konsumen dan warga masarakat disekitar perusahaan.
Definisi
yang berkaitan dengan marketing
· Manager pemasaran adalah
seni dan ilmu pengetahuan untuk memilih target pasar dan seorang yang membangun
hubungan dengan konsumen yang bertujuan
saling memberikan nilai.
·
Exchange (transaksi) adalah
kegiatan saling bertukar( barter) yang dilakukan seseorang dengan orang lain.
·
Markets (pasar) adalah
tempat bertemunya penjual dan pembeli yang sebenarnya.
Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal. Semoga
bermanfaat!!
Trimakasih untuk Mr. Ferry Rahman yang sudah
menjelaskan materi ini.
Kalau
ada pertanyaan, atau
ada yang mau menambahkan tentang materi ini,
kritik dan saran,
pesan-pesan.
silahkan
isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur
thank U
1 komentar:
hay.. ni blog walking... ku dah follow blog kamu.. follow back yah di uniknyakisah.blogspot.com
Posting Komentar
silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.