Senin, Oktober 03, 2011

Membuat dan Menciptakan Nilai Pemasaran



Oke kali ini si chikal mau share dengan kalian tentang materi marketing. hal ini sangat penting. Soalnya kata dosen-dosen kalau mau karirnya cepat naik di perusahaan harus masuk ke marketingnya. Kenapa? Karna melalaui marketing kita akan banyak mendapatkan kolega. Tanpa marketing yang baik perusahaan tidak akan bisa memasarkan produknya. Yuks langsung aja ke materinya!!

Apa itu marketing?
Marketing adalah proses perusahaan untuk menciptakan nilai kepada konsumen dan membangun hubungan yang baik (kuat) dengan konsumen yang bertujuan untuk menciptakan nilai pengembalian kepada perusahaan

Bagaimana memahami pasar dan mengetahui yang dibutuhkan konsumen?

1.       Bedakan prodak kita berdasarkan Needs (kebutuhan), Wants (keinginan), dan Demend ( yang diminta)
·         Needs (kebutuhan) adalah sesuatu yang harus dipenuhi, jika tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan kita (kekurangan)
·         Wants (permintaan) adalah sesuatu yang kita inginkan yang  bisa dipenuhi apabila kita mempunyai kemampuan untuk membelinya
·         Demands (yang diminta) adalah apa yang kita inginkan dan didukung oleh kemampuan daya beli)
2.       Bedakan Market Offering dan Market Myopia
·         Market Offering adalah pasar yang mengkombinasikan produk, servis, informasi dan pengalaman yang ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan
·         Market Myopia adalah pasar yang berfokus kepada sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan

Bagaimana merancang strategi pemasaran untuk mengendalikan konsumen?
1.       Pilih konsumen yang akan kita layani
·         Tentukan segmentasi pasar adalah mengelompokan konsumen berdasarkan kelompok tertentu ex: jenis kelamin(laki-laki/perempuan), usia (tua/ muda/anak-anak)dll
·         Tentukan target pasar adalah menentukan siapa saja yang akan membeli prodak kita.
2.       Value proposition
·         Kelompokan kelebihan prodak kita atau nilai-nilai perusahaan dan berjangjilah  untuk memberikan apa yang dibutuhkan konsumen
3.       Buat  program perencanaan dan pemasaran
·         Marketing mix adalah kumpulan formula (4p 1s). konsep ini hampir diterapkan di berbagai perusahaan. Strategi ini meliputi produksi, price, promotion, dan place.
4.       Membangun hubungan dengan konsumen
·         Costumer relationship managemen (CRM) adalah fasilitas perusahaan untuk konsumen, supaya tercipta hubungan yang baik dengan begitu konsumen puas dengan peyanan kita dan akan kembali membeli prodak kita.
5.       Membuat pelanggan setia
·         Pelanggan yang setia adalah konsumen yang selalau membeli prodak dari kita selama hidupnya. Perusahaan harus bisa menciptakan pelanggan yang setia.

Apa orientasi manager pemasaran?
·         Konsep produk adalah sebuah ide bagaimana konsumen membeli produk kita. Bagaimana para maneger menetapkan harga supaya tetap sesuai dengan daya beli konsumen
·         Konsep produksi adalah ide dimana manager harus memberikan prodak yang berkualitas. Karna, para konsumen akan lebih memilih prodak yang berkinerja baik dan fitur bagus. Oleh karna itu, perusahaan harus mengerahkan kemampuananya untuk membuata prodak yang bagus.
·         Konsep penjualan adalah ide dimana para manager harus bisa menarik konsumen agar memebeli lebih banyak prodak yang kita pasarkan
·         Konsep pemasaran adalah ide bagaimana para manager bisa mencapai tujuan dari perusahaan dan mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan dari target pasar kita dan memberikan kepuasan bagi mereka.
·         Sosiental marketing adalah ide dimana perusahaan harus membuat keputusan yang menguntungkan bagi semua pihak yaitu perusahaan, konsumen dan warga masarakat disekitar perusahaan.

Definisi yang berkaitan dengan marketing
·         Manager pemasaran adalah seni dan ilmu pengetahuan untuk memilih target pasar dan seorang yang membangun hubungan  dengan konsumen yang bertujuan saling memberikan nilai.
·         Exchange (transaksi) adalah kegiatan saling bertukar( barter) yang dilakukan seseorang dengan orang lain.
·         Markets (pasar) adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang sebenarnya.

Segitu dulu aj ia postingan dari si chikal. Semoga bermanfaat!!
Trimakasih untuk Mr. Ferry Rahman yang sudah menjelaskan materi ini.
Kalau ada pertanyaan, atau
ada  yang mau menambahkan tentang materi ini,
 kritik dan saran,
pesan-pesan.

silahkan isi KOMENGNYA di bawah ia..
hatur thank U

1 komentar:

Unknown on Oktober 08, 2011 mengatakan...

hay.. ni blog walking... ku dah follow blog kamu.. follow back yah di uniknyakisah.blogspot.com

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice