Rabu, Agustus 10, 2011

Manfaat Berzakat


Halo kawan si chikal, kali ini si chikal mau sharing tentang manfaat berzakat dengan kawan-kawan si chikal. Yuk langsung mulai saja..

Zakat secara harfiah mempunyai makna طهرة (pensucian), نماء (pertumbuhan), بركة ( berkah). Menurut istilah zakat berarti kewajiban seorang muslim untuk mengeluarkan nilai bersih dari kekayaannya yang tidak melebihi satu nisab, diberikan kepada mustahiq dengan beberapa syarat yang telah ditentukan.

Sekarang berbicara tentang maanfaat berzakat. Maanfaat berzakat bisa di nikmati oleh pemberi zakat dan penerimanya juga.apa aja sih manfaatnya?


Manfaat zakat untuk pemberi zakat
1. Zakat mensucikan jiwa dari sifat kikir. Sifat kikir itu akan memutus tali persaudaraan
2. Zakat mendidik berinfak dan memberi. Menjauhkannya dari sifat mengambil harta orang lain dengan merampas dan mencuri.
3. Orang yang berjakat berarti Mendekatkan akhlaknya dengan akhlak Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pemberi.
4. Zakat sebagai Manifesto rasa syukur atas nikmat Allah
5. Zakat bisa mengobati hati dari cinta dunia adalah suatu lingkaran yang tak berujung
6. Zakat bisa menymbuhkan kekayaan batin. Menghilangkan egoism, menumbuhkan jiwa besar, dan menyuburkan perasaan optimis.
7. Zakat melunturkan rasa iri dengki pada si miskin yang dapat mengancam si kaya dengan munculnya rasa simpati. Si miskin akan mendoakan si kaya dengan ikhlas.
8. Zakat mengembangkan dan memberkahkan harta( Al-Baqarah 268)

Manfaat zakat untuk penerima

1. Membebeskan atau menolong si penerima dari kebutuhan
2. Menghilangkan sifat dengki dan iri kepada si kaya.
 

Begitu sobat si chikal, ternyata banyak banget iya manfaat dari berzakat. Yuks kita tumbuhkan sifat gemar berzakat, kalau belum terkena kewajiaban berzakat kita membiasakan diri berbagi, dengan shodakoh, infak atau berbagi dengan teman-teman.

Artikel Terkait
Berzakat untuk Mengurangi Korupsi

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice