Selasa, Desember 27, 2011

Tips Mengelola uang




1.     Asumsikan uang kita kelola itu deficit jadi kalau kita mau beli-beli sesuatu yang gak penting –penting bgt, dan gak urgen-urgen bgt., itu berfikir berkali-kali sampai pada akhirnya barang yang  gak penting-penting bgt tersebut tidak jadi di beli.
2.    Catat secepatnya setiap transaksi yang dilakukan. Hal ini  dikarnakan kodrat manusia yang tidak lepas dari khilap (lupa) so untuk mengurangi resiko tersebut  segera catat transaksi yang dilakukan.  Melakukan pelafalan (akad) pada saat transaksi juga  akan membantu dalam mengingat  setiap transaksi yang dilakukan. Tips ini nur fadilah chubby belajar dari paman tercinta M. Farid Wajdi suami dari Eni Suhaeni, yang detail sekali dalam mencatat setiap transaksi.

3.    Banyak-banyak Dzikir. Coba siapa yang gak tergiur  sama uang. Jika mau ya tinggal manipulasi data, tapi sebelum melakukan itu dzikir dulu donk!! Ingat Allah, Rosul dan kematian. Allah always look to us. Malu donk sama rosulullah yang selalu mengajarkan kejujuran, masa kita umat nya tidak mencontoh rosul?, udah gt setiap manusia kan pasti mati, nah kebayang donk, seandainya malaikat mencabut nyawakita saat melakukan tindak kejahatan tersebut. Haduh bisa repot jadinya.. lagian buat apa sih kita kenyang di dunia, tapi di akhirat kita di kutuk. Naudzubilah!! Lebih baik nanti kita di akhirat senang di dunia juga bahagia. Right?^_^
4.    Cari partner yang MENDUKUNG kita. Mendukung? Mendukung apa neh? Mendukung disini maksudnya mendukung agar kita selalu amanah dalam mengelola harta. Dalam mengelola harta organisasi atau kegiatan yang lainnya. Disarankan untuk menggandeng teman. Jadi yang satu tugasnya mencatat arus kas yang satu lagi menyimpan uang. Hal ini berguna agar si bendahara tidak kerepotan sendiri dan si bendahara terjauhkan dari  fitnah penyelewengan uang.  Tips yang ketiga ini Nur Fadilah Chubby belajar dari Baiq Zulfa Pijayanti selaku partner Nur Fadilah Chubby pada seminar nasional tentang korupsi yang diadakan pada tanggal 25 desember 2011. Hadihi.. neh orngnya siph bgt dech, mahir dalam menyimpan dan hitung menghitung uang.
Nb:
ü            tips ini berdasarkan dari experience of Nur  Fadilah Chubby.
ü            Ini pengalamanku. Mana pengalaman mu??

4 komentar:

Artikel Menarik on Januari 26, 2012 mengatakan...

nice post :)...

dila_Que on Februari 02, 2012 mengatakan...

trimzzz

Becks on Februari 05, 2012 mengatakan...

Salam.
mengelola uang itu gampang-gampang susah, karena ketika uang sudah ditangan, banyak hal yang menggoda untuk dibeli, sehingga boros pun tak terhindarkan, karena memang harus banyak sharing dengan orang yang punya pengalaman dalam mengelola uang dengan baik..

dila_Que on Februari 06, 2012 mengatakan...

yups.. yups benar sekali..
trima kasih masukannya..

Poskan Komentar

silahkan anda berkomentar sepenuh hati, sebagai bentuk kontribusi dan motivasi untuk kemajuan blog ini. saya ucapkan trima kasih atas kontribusi anda.

chikal note

google analytics

 

Chikal Note Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice